Cara Mengembalikan Domain yang Deindex Google


Cara Mengembalikan Domain yang Deindex GoogleTraffic website Anda tiba-tiba turun drastis? setelah Anda cek di google ternyata website anda sudah tidak ada sama sekali? mungkin domain website Anda telah di deindex oleh google. Untuk itu, kali ini saya akan sharing bagaimana cara mengembalikan domain yang deindex oleh google.

Pastikan dulu, apakah domain memang telah deindex?

  1. Ketik site:namadomain.com di pencarian Google, jika hasil indexnya 0 atau tidak ada sama sekali, berarti domain website anda memang telah deindex. Jika jumlah index normal tetapi pengunjung tidak ada sama sekali / turun drastis, berarti domain Anda terkena Sandbox google (kita akan bahas ini lain waktu).Cara mengetahui domain deindex
  2. Setelah itu, silakan cek di akun Webmastertools / Google Search Console Anda (Asumsi: domain website sudah dalam keadaan terverifikasi). Cek di bagian Search Traffic > Manual Actions.Cara Mengembalikan Domain yang Deindex GooglePerhatikan apakah ada pesan dari google. Jika tidak ada berarti situs anda tidak sedang terkena penalty google. Kemungkinan besar terdapat salah seting website saja (biasanya di robots.txt atau rel nofollow). Jika ada, cermati pelanggaran apa saja yang ada. Semua itu harus di resolve dulu sebelum Anda meminta google untuk meninjau kembali domain Anda.

Apakah domain layak untuk dipertahankan?

Setelah memastikan domain anda deindex, langkah selanjutnya adalah instropeksi 😀

  1. Apakah Anda dapat memperbaiki pelanggaran yang dicantumkan oleh Google? jika tidak, melakukan peninjauan kembali merupakan hal yang percuma.
  2. Apakah domain termasuk domain penting? misal domain brand, company, ataupun institusi? jika iya, maka Anda wajib untuk memperjuangkan domain tersebut.

Meminta peninjauan kembali ke Google

    1. Buatlah catatan pelanggaran apa yang Anda lakukan dan apa saja yang telah anda lakukan untuk memperbaikinya.
    2. Jika perlu, buatlah dokumen online di goolge docs atau spreadsheets (misal untuk mencantumkan list link building yang telah Anda Disavow) yang kemudian anda share linknya dicatatan tersebut.
    3. Jelaskanlah kalau domain ini sangat penting bagi Anda.
    4. Jelaskan juga kalau Anda tidak akan melakukan pelanggaran lagi.
    5. Terakhir, berterimakasihlah ke Tim google untuk kesediaanya meninjau domain Anda. Kemudian klik “Request a review”

Meminta peninjauan kembali ke Google domain deindex

Nah itulah cara mengembalikan domain yang deindex oleh google. Selanjutnya Anda tinggal menunggu beberapa hari (bisa sampai satu bulan lebih) hasil review dari Google. Untuk itu sambil menunggu, tidak ada salahnya anda merancang rencana B. Misal mencari domain alternatif, redirection, atau yang lain.

Sekian yang bisa saya share kali ini. Jika ada pertanyaan tentang artikel ini, silakan tulis di kolom komentar. Terimakasih 🙂

Menu